Cara Memulai Usaha Toko Online Anda Sendiri di Tahun 2018 (langkah demi langkah)

Memulai sebuah toko online memiliki kelebihan karena memiliki etalase fisik: tidak ada uang sewa yang harus dibayar, dan Anda bisa menjangkau jutaan pelanggan dari kenyamanan rumah Anda sendiri. Agar sukses, bagaimanapun, ada baiknya berpikir sebanyak mungkin untuk memulai toko online seperti bisnis lainnya. Anda memerlukan produk hebat, situs web yang mudah digunakan, dan rencana pemasaran yang solid. Baca terus untuk mengetahui bagaimana memulai.

Cara Memulai Usaha Toko Online Anda Sendiri di Tahun 2018
Cara Memulai Usaha Toko Online Anda Sendiri di Tahun 2018

1. Tentukan apa yang ingin Anda jual.
Jika Anda ingin memulai toko online, Anda mungkin sudah memiliki ide untuk menjual produk hebat. Ingatlah bahwa hal-hal tertentu kondusif untuk menjual dengan baik secara online, sementara barang lainnya mungkin lebih sulit dijual bila tidak dapat dilihat secara langsung. Bagaimanapun, Anda harus percaya dengan penuh semangat nilai produk Anda – jika tidak, akan sulit terhubung dengan pelanggan. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang perlu dipertimbangkan:
Apakah itu produk fisik yang perlu dikirim, atau apakah itu produk digital yang bisa dikirim melalui internet?
Apakah Anda akan memiliki inventaris (lebih dari satu) dari setiap produk, atau apakah mereka akan menjadi satu-of-a-kind (misalnya karya seni, barang kuno)?
Apakah Anda ingin menjual berbagai macam produk, atau apakah Anda berencana untuk mengambil spesialisasi, seperti menjual hanya t-shirt atau buku?
Apakah Anda menciptakan produk itu sendiri? Jika demikian, pastikan Anda dapat memenuhi permintaan. Bentuk hubungan dengan supplier yang andal.
Jika Anda tidak berencana membuat produk sendiri, Anda memerlukan pabrikan yang baik. Penelitian perusahaan yang berbeda untuk menemukan satu yang sesuai dengan ide bisnis Anda.
Tentukan bagaimana produk Anda akan dikirim. Buat rencana untuk mengirimkan produk dari rumah Anda secara efisien, atau buat rencana penyimpanan dan pengiriman dengan gudang. Anda juga bisa melihat ke drop-shipping jika produk sedang diproduksi oleh pihak ketiga.
Anda akan terlibat secara intim dengan produk atau layanan Anda. Untuk menyebarkan berita dan memasarkan toko Anda secara efektif, Anda perlu melakukan sosialisasi dengan orang-orang dari industri ini. Pastikan produk itu adalah sesuatu yang bisa Anda dapatkan untuk jangka panjang.

2. Temukan ceruk pasar.
Mengetahui produk apa yang ingin Anda jual hanyalah bagian dari menciptakan toko online yang sukses. Anda harus mencari tahu apa yang membedakan layanan Anda dari semua layanan serupa lainnya yang dapat dipilih orang, baik secara langsung maupun online. Mengapa pelanggan membeli sweater rajutan tangan Anda saat mereka memiliki 100 toko online lainnya untuk dipilih?
Siapkan kompetisi. Jangan hanya menjual produk tertentu sampai Anda melihat situs web yang akan Anda ikuti. Pertimbangkan pasar online utama yang Anda rencanakan untuk mengiklankan produk Anda; dan memeriksa kompetisi di dalam portal tersebut.
Tawarkan sesuatu yang benar-benar asli. Jika Anda menjual kerajinan tangan atau karya seni , orisinalitas karya Anda mungkin sendirinya menjadi undian yang membedakan produk Anda. Cobalah untuk menyeimbangkan antara sesuatu yang sangat asli dan juga memiliki daya tarik umum.
Tawarkan keahlian. Mungkin kualitas yang membedakan perusahaan Anda dari yang lain akan menjadi keahlian Anda pada jenis produk yang Anda jual. Mungkin Anda mantan baseball pro yang menjual sederetan sarung tangan baseball, misalnya. Buat bagian pengetahuan gairah dan ahli dari paket.
Tawarkan proses pembelian yang user-friendly. Sekalipun produk Anda sangat mirip dengan barang lain untuk dijual secara online, Anda bisa membedakan toko Anda dengan membuat pengalaman berbelanja menjadi menyenangkan dan mudah. Pastikan situs web Anda mudah dinavigasi dan menyenangkan untuk dibagikan. Jadilah responsif dan berikan layanan pelanggan yang hebat dimana orang lain tidak.

3. Uji produk dengan menjual barang Anda dalam skala kecil.

Di dunia nyata, akan lebih bijak jika menjual produk Anda melalui jalan lain yang memiliki komitmen rendah (konsinyasi, pasar loak, pameran kerajinan , dll.) Sebelum terjun dan memulai keseluruhan toko. Hal yang sama berlaku untuk penjualan secara online. Cobalah menjual barang Anda secara terpisah di eBay, Craigslist, Half.com dan sejenisnya. Inilah yang ingin Anda cari:
Siapa yang membeli produk anda? Tawarkan kupon diskon atau hadiah gratis jika mereka menjawab survei singkat. Cari tahu di mana lagi mereka berbelanja online.
Berapa yang mereka mau bayar? Bereksperimenlah dengan harga yang berbeda.
Bagaimana kepuasan pelanggan? Ini adalah saat yang tepat untuk menguji seberapa baik Anda bisa mendapatkan produk Anda ke pelanggan. Apakah Anda menggunakan kemasan yang baik? Apakah metode pengirimannya bisa diandalkan? Apakah mereka senang dengan produk mereka? Apakah Anda menggambarkannya dengan baik?

4. Buat rencana bisnis.
Sebelum memulai proses pembukaan toko online Anda, luangkan waktu untuk menyusun rencana bisnis yang terperinci, apakah Anda berencana memperoleh dana dari luar dari investor atau tidak. Ini akan membantu Anda merencanakan langkah-langkah yang harus Anda ambil untuk membuat bisnis Anda sukses. Cari tahu biaya operasi Anda dan memetakan strategi pemasaran. Anda ingin mempertimbangkan faktor-faktor ini:
Biaya produksi, apakah Anda menciptakan produk Anda sendiri atau kontrak dengan produsen.
Biaya pengiriman.
Pajak
Upah karyawan, bila ada.
Biaya untuk pemesanan nama domain dan layanan web hosting Anda.

5. Daftarkan nama domain Anda sendiri.
Pilihlah nama domain yang pendek, mudah diingat. Ini juga harus unik, karena nama yang paling jelas sudah diambil. Cari perusahaan registrasi domain dan coba nama yang berbeda sampai Anda menemukan yang memuaskan Anda dan belum digunakan.
Jika nama domain Anda sudah siap, jadilah kreatif. tambahkan kata tambahan kecil atau coba tanda hubung.
Layanan registrasi domain akan memberikan saran untuk alternatif yang dekat jika nama yang Anda inginkan diambil.

6. Pilih layanan web hosting.
Sebaiknya cari layanan yang bagus untuk situs Anda, karena situs ini merupakan tulang punggung toko online Anda. Jika rewel, penjualan pasti akan menderita. Layanan web hosting gratis tersedia, namun karena Anda menjual produk secara online, Anda harus membayar layanan yang menawarkan opsi yang Anda butuhkan.
Anda memerlukan cukup ruang untuk pertumbuhan jika bisnis Anda berjalan dengan baik.
Pilihlah layanan hosting yang memungkinkan kustomisasi jika Anda berencana melakukan pemrograman sendiri.

7. Rancang situs web Anda.
Desain situs web Anda sendiri atau menyewa perancang web untuk membuatnya untuk Anda. Penekanannya adalah pada memamerkan produk Anda dan membuatnya semudah mungkin bagi pelanggan untuk melakukan pembelian. Jangan sampai terjebak dalam perangkap membuat situs web terlalu mencolok – semakin mudah, semakin baik saat berbelanja online.
Sertakan cara untuk mengumpulkan alamat email, sehingga Anda bisa mengirim iklan dan penawaran khusus.
Pelanggan harus membuat tidak lebih dari dua klik untuk diperiksa dengan produk.
Pilih hanya beberapa warna dan font yang bisa digunakan.

8. Pilih software e-commerce.
Hal ini memungkinkan pelanggan untuk melihat produk dan melakukan pembelian yang aman. Perangkat lunak ini menyimpan informasi pelanggan dan informasi keuangan. Dalam beberapa kasus, faktor perangkat lunak e-commerce menjadi pemasaran, karena bisa digunakan untuk mengirim email ke pelanggan. Luangkan banyak waktu untuk meneliti perusahaan sebelum membuat pilihan, karena yang Anda pilih akan memainkan peran besar dalam pengalaman pelanggan dan kesuksesan perusahaan Anda.

9. Buat akun rekening bank.
Anda harus membuat akun dengan lembaga keuangan bank sehingga pelanggan Anda dapat membayar dengan mudah.

10. Mulailah Sekarang Juga.
Tidak ada waktu yang lebih baik dari sekarang. inilah waktu yang paling tepat untuk Anda memulai bisnis toko online sendiri.

Pertanyaannya:
bagaimana jika saya tidak tahu produk apa yang harus saya jual?
bagaimana jika saya tidak memiliki produk yang bagus untuk dijual?
bagaimana jika saya tidak bisa membuat toko online?
apakah saya masih bisa untuk memiliki toko online sendiri?

Ya, tentu saja. Anda tidak harus memulai itu semua dari awal, saat ini sudah banyak penyedia layanan jasa pembuatan web toko online di internet, tetapi kebanyakan dari mereka hanya membuatkan web toko online saja, tanpa melakukan set up toko online Anda alias toko online Anda masih kosong, anda perlu menambahkan konten, desain toko online, tambah produk, edit data pengiriman dll. percayalah, itu semua cukup menguras waktu dan tenaga Anda.

Lalu adakah cara yang lebih baik dan efisien, Jika anda tidak tahu produk apa yang dijual, tidak bisa membuat toko online, tidak mau repot dengan masalah pengiriman produk, Anda perlu mempertimbangkan untuk menggunakan layanan jasa Toko Online Sistem Otomatis
layanan ini memberikan jasa pembuatan toko online shop dengan sistem OTOMATIS, fitur lengkap, Anda tidak perlu upload produk, tidak perlu memiliki produk, tidak perlu packing roduk, Anda bisa langsung jualan! lebih dari 5000+ produk terlaris disediakan untuk Anda jual. silahkan baca informasinya Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *